RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Remedial Akademik : Pendidikan Agama Islam
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu : 60 Menit
Standar Kompetensi : Memahami dan mengetahui
pentingnya shalat
Indikator : Mengetahui
dan memahami gerakan shalat
Penjelasan gerakan shalat
Penjelasan gerakan shalat
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami shalat
Siswa dapat mengetahui gerakan shalat yang benar
Siswa dapat mempraktekan gerakan shalat
Siswa dapat mengetahui gerakan shalat yang benar
Siswa dapat mempraktekan gerakan shalat
Materi Ajar : Pengethauan
tentang Shalat
Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan Praktek
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
B.
Kegiatan Inti
Menjelaskan gerakan shalat
Memberikan contoh gerakan shalat yang benar
Siswa mempraktekkan gerakan shalat yang benar
Siswa menyebutkan gerakan shalat
Menjelaskan gerakan shalat
Memberikan contoh gerakan shalat yang benar
Siswa mempraktekkan gerakan shalat yang benar
Siswa menyebutkan gerakan shalat
C.
Kegiatan Akhir
Mengadakan tanya jawab, hafalan dan praktek
Mengadakan tanya jawab, hafalan dan praktek
Alat / bahan / sumber
belajar :
- Iqro’
- Media huruf Hijaiyyah
- Iqro’
- Media huruf Hijaiyyah
Penilaian :
Teknik : Lisan
Tulisan
Tulisan
Bentuk : Pilihan ganda
Essay
Essay
Pertemuan ke : II
Alokasi Waktu : 60 menit
Standar Kompetensi : Memahami dan Mengetahui pentingnya shalat
Kompetensi Dasar : Mengetahui dan memahami bacaan
shalat-shalat
Penjelasan bacaan pada gerakan shalat
Penyesuaian bacaan shalat dengan gerakannya
Penjelasan bacaan pada gerakan shalat
Penyesuaian bacaan shalat dengan gerakannya
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami Shalat
Siswa dapat mengetahui gerakan shalat yang benar
Siswa dapat mengafal bacaan shalat
Siswa dapat mengetahui gerakan shalat yang benar
Siswa dapat mengafal bacaan shalat
Materi Ajar : Pengetahuan tentang Shalat
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, hafalan dan praktek
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal
Membaca do’a
belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
B.
Kegiatan Inti
Menjelaskan bacaan shalat
Siswa menulis bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan sesuai dengan gerakan shalat
Menjelaskan bacaan shalat
Siswa menulis bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan sesuai dengan gerakan shalat
C.
Kegiatan Akhir
Mengadakan
tanya-jawab dan praktek
Alat/Bahan/Sumber
belajar :
Iqro’
Media Huruf Hijaiyyah
Media Huruf Hijaiyyah
Penilaian :
Teknik : Lisan
Tulisan
Tulisan
Bentuk : Pilihan Ganda
Essay
Essay
Pertemuan ke : III
Alokasi Waktu : 60 Menit
Standar Kompetensi : Memahami dan mengetahui
pentingnya shalat
Kompetensi Dasar : Mengetahui bacaan shalat
Indikator : Mengetahui
dan memahami gerakan shalat
Penjelasan gerakan shalat
Penjelasan gerakan shalat
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami shalat
Siswa dapat mengetahui gerakan shalat yang benar
Siswa dapat menghafal bacaan shalat
Siswa dapat mengetahui gerakan shalat yang benar
Siswa dapat menghafal bacaan shalat
Materi Ajar : Pengetahauan
tentang Shalat
Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan Praktek
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
B.
Kegiatan Inti
Menjelaskan bacaan shalat
Siswa menulis bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan sesuai dengan gerakan shalat
Menjelaskan bacaan shalat
Siswa menulis bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan shalat
Siswa menghafal bacaan sesuai dengan gerakan shalat
C.
Kegiatan Akhir
Mengadakan tanya jawab, hafalan dan praktek
Mengadakan tanya jawab, hafalan dan praktek
Alat / bahan / sumber
belajar :
- Iqro’
- Media huruf Hijaiyyah
- Iqro’
- Media huruf Hijaiyyah
Penilaian :
Teknik : Lisan
Tulisan
Tulisan
Bentuk : Pilihan ganda
Essay
Essay
Pertemuan ke : IV
Alokasi Waktu : 60 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan dan mengerti rukun,
syarat sah dan yang
membatalkan
shalat
Kompetensi Dasar :
-
Melakukan shalat
dengan sempurna
-
Mengerti rukun
dan syarat sah shalat
Indikator : Menyebutkan
rukun dan syarat sah shalat
Mempraktekkan
shalat fardu ( gerakan, bacaan dan tu’maninah
yang sempurna )
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menyebutkan rukun dan syarat sah shalat
Siswa
dapat mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna
)
Siswa
dapat mengetahui kewajiban shalat bagi seoran muslim
Materi Ajar : Pengetahauan
tentang Shalat
Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan Praktek
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
B.
Kegiatan Inti
Menjelaskan kewajiban shalat bagi seorang muslim
Menjelaskan rukun dan syarat sah shalat
Siswa menulis rukun dan syarat sah shalat
Mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna ) dan shalat yang batal
Menjelaskan kewajiban shalat bagi seorang muslim
Menjelaskan rukun dan syarat sah shalat
Siswa menulis rukun dan syarat sah shalat
Mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna ) dan shalat yang batal
C.
Kegiatan Akhir
Praktek shalat
Mengadakan tanya jawab
Praktek shalat
Mengadakan tanya jawab
Alat / bahan / sumber
belajar :
- Iqro’
- Media gambar
- Iqro’
- Media gambar
Penilaian :
Teknik : Lisan
Tulisan
Tulisan
Bentuk : Pilihan ganda
Essay
Essay
Pertemuan ke : V
Alokasi Waktu : 60 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan dan mengerti rukun, syarat
sah dan yang
membatalkan
shalat
Kompetensi Dasar :
-
Melakukan shalat
dengan sempurna
-
Mengerti rukun
dan syarat sah shalat
Indikator : Menyebutkan
rukun dan syarat sah shalat
Mempraktekkan
shalat fardu ( gerakan, bacaan dan tu’maninah
yang sempurna )
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menyebutkan rukun dan syarat sah shalat
Siswa
dapat mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna
)
Siswa
dapat mengetahui kewajiban shalat bagi seoran muslim
Materi Ajar : Pengetahauan
tentang Shalat
Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan Praktek
Langkah-langkah
Pembelajaran :
D.
Kegiatan Awal
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
E.
Kegiatan Inti
Menjelaskan kewajiban shalat bagi seorang muslim
Menjelaskan rukun dan syarat sah shalat
Mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna ) dan shalat yang batal
Menjelaskan kewajiban shalat bagi seorang muslim
Menjelaskan rukun dan syarat sah shalat
Mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna ) dan shalat yang batal
F.
Kegiatan Akhir
Praktek shalat
Mengadakan tanya jawab
Praktek shalat
Mengadakan tanya jawab
Alat / bahan / sumber
belajar :
- Iqro’
- Media gambar
- Iqro’
- Media gambar
Penilaian :
Teknik : Lisan
Tulisan
Tulisan
Bentuk : Pilihan ganda
Essay
Essay
Pertemuan ke : VI
Alokasi Waktu : 60 Menit
Standar Kompetensi : Melakukan dan mengerti rukun,
syarat sah dan yang
membatalkan
shalat
Kompetensi Dasar :
-
Melakukan shalat
dengan sempurna
-
Mengerti hal-hal
yang membatalkan shalat
Indikator : Menyebutkan
hal-hal yang membatalkan shalat
Memberikan
contoh shalat yang batal
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
Siswa
dapat memberikan contoh shalat yang batal
Siswa
dapat mempraktekkan shalat fardu (
gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna )
Materi Ajar : Pengetahauan
tentang Shalat
Metode Pembelajaran : Tanya jawab dan Praktek
Langkah-langkah Pembelajaran
:
G.
Kegiatan Awal
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
Membaca Do’a belajar
Membaca surat-surat pendek ( Juz Amma )
Membaca Iqro’
H.
Kegiatan Inti
Menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat
Siswa menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
Mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna ) dan shalat yang batal
Menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat
Siswa menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
Mempraktekkan shalat fardu ( gerakan,bacaan,dan tu’maninah yang sempurna ) dan shalat yang batal
I.
Kegiatan Akhir
Mengadakan tanya jawab
Mengadakan tanya jawab
Alat / bahan / sumber
belajar :
- Iqro’
- Media gambar
- Iqro’
- Media gambar
Penilaian :
Teknik : Lisan
Tulisan
Tulisan
Bentuk : Pilihan ganda
Essay
Essay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar