Metode Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah (PR)
Metode
ini merupakan salah satu metode yang ingin menerapkan learning by doing
dari John Dewey. Tugas tersebut diberikan kepada individu maupun
kelompok. Mereka akan melaksanakannya di dalam maupun di luar kelas dan
di luar jam pelajaran. Adapun tugas yang bisa diberikan oleh guru itu
banyak macamnya antara lain PR untuk Bidang Studi Matematika (Tim Bakti
Guru, 1989. dalam Bukunya Jurnal Pendidkan dan Kebudayaan).
Cara Melaksanakan Metode Pemberian Tugas (PR)
PR
ini diberikan kepada para siswa pada akhir pelajaran, pokok bahasan
atau sub pokok bahasan, bahkan pertemuan. Tugas yang diberikan hendaknya
dipersiapkan dengan baik oleh guru sehingga dapat melahirkan penguasaan
atas pengetahuan dan keterampilan tertentu. Guru membuat soal, baik
sewaktu mengajar atau pun sebelumnya, Jumlah soal/skop materi yang
diberikan mesti mencakup seluruh bahan yang diajarkan pada bahasan waktu
itu, bahkan di upayakan ada bahan yang bersifat mengulang pelajaran
yang telah lalu. Guru hendaknya memberikan penjelasan yang cukup tentang
materi tersebut sehingga tidak timbul kesalahfahaman dalam
pelaksanaannya. Guru hendaknya membimbing pekerjaan tersebut, terutama
bila para siswa mengalami kesulitan serta memberikan petunjuk
penyelesaiannya. Pemeriksaan terhadap PR tadi bisa dilakukan beberapa
menit sebelum pelajaran dimulai pada jam bahasan berikutnya atau guru
menyediakan waktu ekstra untuk itu. Ketika para siswa tidak mengerjakan
tugas, atau tugasnya belum selesai, bisa diberikan hukuman yang bersifat
edukatif demi mendorong motivasi mereka (Pakhrudin, 1985. Dalam Bukunya
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan).
Manfaat Pemberian Tugas (PR)
Metode
ini akan mendapat manfaat apabila dilakukan dengan baik seperti contoh
berikut. Tugas tersebut merupakan pengulangan dan pemantapan pengertian
murid pada pelajaran yang diberikan. Dengan dasar learning by doing,
diharapkan kesan pada diri anak akan lebih mendalam dan mudah diingat
(adanya penambahan frekuensi belajar). Sikap dan pengalaman atas suatu
masalah dan murid akan dapat dibina lebih kuat (bimbingan dari guru)
dengan adanya penambahan belajar kelompok (bersama teman), adanya
kesempatan untuk bertanya setelah menghadapi soal/perintah yang tak
terpecahkan, dan pemberian tugas (PR). Dengan demikian keterbatasan
waktu di kelas untuk memecahkan suatu masalah atau pemahaman suatu
materi akan terpecahkan (adanya penambahan waktu belajar siswa). Siswa
didorong untuk mencari sendiri bahan/sumber pengetahuan yang berkaitan
dengan apa yang mereka pelajari. Mereka
akan mengerjakan PR karena adanya rasa takut/malu mendapatkan hukuman
atau dengan kesadarannya sendiri (Pakhrudin, 1985,Dalam Bukunya Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan).
Kelemahan Pemberian Tugas PR
Kelemahan
yang dapat diamati dari pemberian tugas PR dapat di gambarkan sebagai
berikut. (1) Seringkali siswa tidak mengerjakan PR dengan kemampuan
sendiri, melainkan meniru/menyontek atau pun ikut-ikutan dengan alasan
kerjasama; (2) Guru kurang konsekuen memeriksa dan menghargai pekerjaan
murid; (3) Bila pekerjaan tenlalu sulit, hal ini akan menimbulkan
kekurangtenangan mental siswa, takut, khawatir dan sebagainya; (4) Sukar
untuk memberikan tugas secara individual sesuai dengan bakat, minat,
dan kemampuan siswa sendiri; (5) Para siswa mengerjakan PR tidak
mengikuti cara yang telah diajarkan oleh guru/buku; dan (6) Para siswa
lambat memahami keterangan dari guru.
Upaya Mengefektifkan Pemberian Tugas PR
Upaya
yang dapat dilakukan untuk mengefektifkan pemberian tugas PR dapat
diuraikan sebagai berikut: (1) Tugas yang diberikan mempunyai pertalian
erat dengan bahan yang telah dijelaskan di kelas; (2) Usahakan tugas
yang diberikan disadari benar manfaatnya oleh siswa guna menimbulkan
minat yang lebih besar; (3) Waktu yang diberikan untuk melaksanakan
tugas tidak terlalu lama atau pendek agar tidak menimbulkan kejemuan
ataupun kecemasan; (4) Upayakan agar siswa tahu tentang alat dan cara
menilai hasil pekerjaan tersebut sehingga akan mengurangi banyaknya
kesalahan dan rendahnya nilai; dan (5) Guru tidak sungkan memberikan
hadiah kepada mereka yang berhasil serta hukuman kepada mereka yang
tidak mengerjakannya dengan konsekuen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar