Jumat, 18 Desember 2015

makalah ipa-gerak dan energi




Daftar isi
Daftar isi………………………………………………………....       2
BAB I
A.   Gerak……………………………………………………...       3
B.   Energi…………………………....………………………..        3
C.   Hubungan gerak dan energi ……….……………………..                 3
BAB II
A.   Sumber energi dan kegunaannya  ….……….…………...                 7
Daftar pustaka …………………………….……………………...     8















BAB I
GERAK
A. Gerak
Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal. Benda dikatakan bergerak karena adanya gaya, gaya adalah dorongan atau tarikan. Benda bisa bergerak jika di dorong atau di Tarik.

Contoh :
1.    Jika meja di dorong itu akan membuat benda tersebut bergerak dam berpindah tempat dari tempat awal.
2.    Ayunan, jika kita menarik ayunan yang sedang diayunkan tersebut akan bergerak.
Faktor-faktor yang mempengaruhi gerak suatu benda :
1.    Bentuk benda
2.    Ukuran benda
3.    Permukaan benda

Bentuk benda
Bentuk benda bermacam2 ada yang bulat kotak segitiga. Bentuk suatu benda dapat memengaruhi gerakannya. Misalnya, roda sepedah mudah bergerak. Benda yang berbentuk lingkaran lebih mudah bergerak di bandingkan bentuk lainnya.
Ukuran benda
Benda ada yang berukuran besar dan kecil. Ukuran suatu benda dapat mempengaruhi gerakannya. Contohnya bola sepak berukuran lebih besar dari pada bola pingpong, oleh karena itu bola pingpong lebih mudah di gerakan di banding bola sepak karena ukurannya yang lebih kecil dan ringan.
Permukaan benda
Permukaan benda ada yang kasar dan halus. Jenis permukaan suatu benda dapat memengaruhi gerakan benda tersebut . Benda yang permukaannya halus lebih mudah bergerak dibandingkan benda yang permukaannya kasar. Karena permukaan kasar memiliki gaya gesek yang lebih besar dibanding yang permukaanya halus.  Semakin kasar permukaan benda semakin sulit benda itu bergerak, begitu pula sebaliknya. Contoh :sepeda yang berada di jalan beraspal lebih mudah bergerak di banding berjalan di permukaan berbatu.

B. Energi
Energi adalah kemampuan atau tenaga untuk melakukan kerja.
Macam-macam Energi
1.    Energi panas
Energi panas dihasilkan oleh benda-benda yang menghasilkan panas, contoh :kompor, setrika, dan api unggun.

2.    Energi cahaya
Energi cahaya adalah energi yang dimiliki oleh cahaya. Energi cahaya membuat kita dapat melihat lingkungan sekitar. Contoh :cahaya matahari[alami], dan cahaya obor[buatan].

3.    Energi kimia
Energi kimia terdapat pada makanan ,bahan bakar, baterai. Contoh : makanan yang kita makan merupakan sumber energi. Makanan tersebut akan di cerna melalui serangkaian reaksi kimia dan menghasilkan energi yang akan kita gunakan untuk berbagai aktivitas.


4.    Energi bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dimiliki oleh bunyi, untuk membuktikannya bahwa bunyi memiliki energi yaitu contoh : ketika kalian mendengar bunyi yang keras telinga kita akan merasakan sakit.

5.    Energi listrik
Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh muatan-muatan  listrik. Energit dapat digunakan untuk berbagai macam alat listrik. Contoh :chargeran HandPhone jika di colokan kesaklar akan menimbulkan energi listrik yang berfungsi untuk mengisi baterai pada HandPhone.

C. Hubungan Antara Gerak Dengan Energi
Seperti yang sudah di ketahui bahwa energi muncul karena adanya gerakan. Gerakan yang kuat/cepat akan menimbulkan energi yang besar, sedangkan gerakan yang lambat/lemah akan menimbulkan energi yang kecil.

Contoh hubungan gerak dan energi :
1.    Busur panah yang kita gunakan ketika kita Tarik anak panahnya lalu di lepaskan, anak panah tersebut menyimpan energi/kekuatan sehingga anak panah tersebut bisa tepat pada sasarannya.
2.    Tabrakan mobil dengan bus, ketika mobil dan bus sedang berjalan tentu saja itu memiliki masing-masing energi lalu ketika bertabrakan satu sama lain pasti akan mengalami kerusakan, energi itu lah yang menyebabkan kerusakan pada mobil.


















BAB II

SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA

A. Sumber Energi
Sumber energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :
-         Energi panas
-         Energi listrik
-         Energi bunyi
-         Energi gerak
-         Energi cahaya

a.    Energi panas
Pada siang hari matahari memancarkan cahaya. Cahaya matahari itu bersifat panas . Kegiatan di atas membuktikan bahwa matahari mengeluarkan energi panas. Oleh sebab itu, matahari di sebut sumber energi panas. Petani men jemur padi, sehingga padi kering, ditumbuk menjadi beras, dan dimasak menjadi nasi.Semua kehidupan di bumi  membutuhkan panas matahari, maka matahari di sebut sumber energi panas yang utama.

b.   Energi listrik
Energi listrik yaitu energi yang sangat penting juga untuk kehidupan kita karena listrik sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan/aktivitas pekerjaan rumah.
Contoh penghasil energi dari listrik:
-         Televisi
-         Kulkas
-         Dispenser 
-         Lampu
-         Magic-com
c.    Energi bunyi
Kentongan dibuat berongga. Di dalam rongga kentongan dipukul, udara di dalamnya bergetar atau bergerak-gerak. Getaran udara yang bergerak di sebut angin. Jadi,angin adalah  sumber energi yang dapat menghasil kan bunyi.

d.   Energi gerak
Air bergerak mengalir.Gerak air dapat menggerakan benda-benda yang terapung di atasnya.Kegiatanmu di atas membuktikan bahwa perahu kertas bergerak karena terdorong oleh gerakan air.oleh karena itu air disebut sumber energi gerak.

e.    Energi cahaya
Di dalam senter terdapat baterai. Jika tombol senter di tekan,bolam menyala nyala senter berupa cahaya. Cahaya senter berasal dari baterai.Oleh karena itu, baterai di sebu sumber energi cahaya.






DAFTAR PUSTAKA

Ita S. danNurhasanah. 2011. IPA aktif. PenerbitEsis. Jakarta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar