Jumat, 18 Desember 2015

laporan observasi mengenai media pembelajaran IPS di SD



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia sertaketerampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara ( UU No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ).
Pendidikan mengandung pengertian suatu perbuatan yang disengaja untuk menjadikan manusia memiliki kualitas yang lebih baik. Pendidikan IPS pada tingkat Sekolah Dasar menggunakan pendekatan secara terpadu. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik tingkat perkembangan anak usia SD yang masih pada taraf berfikir abstrak.
Pengembangan pendidikan IPS tidak hanya diarahkan pada pengembangan kompetensi yang berkaitan dengan aspek intelektual saja. Keterampilan sosial menjadi salah satu faktor yang dikembangkan sebagai kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dalam Pendidikan IPS. Keterampilan mencari, memilih, mengolah dan menggunakna informasi untuk memberdayakan diri serta keterampilan bekerjasama dengan kelompok yang majemuk nampaknya merupakan aspek yang sangat penting dimiliki oleh pesdik yang kelak akan menjadi warga Negara dewasa dan berpartisipasi aktif di era global.

B.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan melaksanakan penelitian ini adalah :
1.      Untuk melihat proses belajar mengajar Pendidikan IPS di SD kelas rendah
2.      Untuk mengetahui metode dan model apa yang digunakan guru dalam pembelajaran Pendidikan IPS di SD kelas rendah
3.      Untuk melihat sekaligus mengetahui media apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran, serta
4.      Mengetahui materi Pendidikan IPS yang di ajarkan di SD kelas rendah














BAB II
HASIL OBSERVASI
A.    Profil Sekolah

1.      Nama Sekolah             : SD Negeri Karang Tumaritis
2.      NPSN                          : 20605971
3.      Alamat                        : Jl. Bhayangkara No.120
4.      Kode Pos                    : 42121
5.      Desa/Kelurahan           : Sumur Pecung
6.      Kecamatan/Kota         : Serang
7.      Kab.Kota                    : Kota Serang
8.      Propinsi                       : Banten
9.      Status Sekolah            : Negeri
10.  Kepala Sekolah           : Dra.Edah Zubaedah

B.     Penggunaan Media
Observasi yang dilakukan adalah pada kelas 3A, pada pembelajaran IPS di kelas 3A ini sangat kurang dalam penggunaan media, guru hanya menggunakan media dari buku LKS yang dimiliki oleh masing-masing siswa saja. Lebih dari itu guru hanya memberikan contoh yang real/nyata pada siswa dengan hanya menyampaikan saja tanpa memberikan contoh gambar dan sebagainya. Contoh : Pada saat dikelas guru sedang menerangkan tentang “ Kerja sama di lingkungan ” Guru hanya menerangkan maeri, menulis,  lalu siswa hanya ditanya saja seputar kerja sama yang pernah dilakukan dirumahnya dan melihat gambar yang ada pada LKS saja, sedangkan didalam kelas banyak media yang bisa digunakan untuk bahan mengajar seperti sapu,penghapus papan tulis,dsb. yang bisa digunakan oleh siswa untuk mencontohkan secara langsung apa itu kerja sama.

C.     Materi
Materi yang disampaikan tentang “ Kerja Sama di Lingkungan ”, pada materi ini siswa di perintahkan menulis dan membaca oleh guru tentang materi Kerja sama di lingkungan yang ada pada buku LKS nya, Materi ini berisi di dalam nya sebagai berikut :
1.      Arti dan Manfaat Kerja Sama
-          Manfaat kerja sama bagi diri sendiri dan orang lain
2.      Kerja Sama di Rumah
-          Kerja bakti membersihkan rumah
-          Membantu Adik belajar
3.      Kerja Sama di Sekolah
-          Upacara Bendera
-          Belajar Kelompok
-          Kerja Bakti di Lingkungan Sekolah
4.      Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat
-         
*materi terlampir
Gotong Royong                      - Posyandu
-          Kegiatan Ronda                                             
D.    RPP ( terlampir )

E.     Model Pembelajaran

F.      Evaluasi
Evaluasi yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS ini dengan memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan, siswa yang mengerjakan tugas langsung diberi nilai oleh guru/di paraf, agar guru bisa mengetahui siswa yang mengerjakan tugas dan tidak. Serta guru mengingatkan kembali materi yang disampaikan sebelum pulang.
























BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Hasil dari observasi yang dilakukan, kami menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS pada tingkat SD memiliki materi yang masih sangat dasar yang berhubungan dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

B.     Saran
      Pada pembelajaran IPS di kelas rendah sebaiknya lebih kaya media dan lebih banyak menggunakan media sehingga siswa dapat mengetahui dan mempunyai bayangan/gambaran apabila mereka melihat nya secara langsung karena materi yang diajarkan pun sebetulnya yang pernah siswa lihat atu bahkan pernah merasakan nya,serta dalam penyampaian materi untuk siswa kelas rendah sebaiknya tidak menggunakan metode ceramah dan tidak memberikan tugas menulis yang berlebihan.



















LAMPIRAN

                                                                                                                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar