BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia
sertaketerampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara ( UU No.20
Tahun 2003 Pasal 1 ).
Pendidikan mengandung pengertian
suatu perbuatan yang disengaja untuk menjadikan manusia memiliki kualitas yang
lebih baik. Pendidikan IPS pada tingkat Sekolah Dasar menggunakan pendekatan
secara terpadu. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik tingkat perkembangan
anak usia SD yang masih pada taraf berfikir abstrak.
Pengembangan pendidikan IPS tidak
hanya diarahkan pada pengembangan kompetensi yang berkaitan dengan aspek
intelektual saja. Keterampilan sosial menjadi salah satu faktor yang
dikembangkan sebagai kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dalam Pendidikan
IPS. Keterampilan mencari, memilih, mengolah dan menggunakna informasi untuk
memberdayakan diri serta keterampilan bekerjasama dengan kelompok yang majemuk
nampaknya merupakan aspek yang sangat penting dimiliki oleh pesdik yang kelak
akan menjadi warga Negara dewasa dan berpartisipasi aktif di era global.
B. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan melaksanakan penelitian ini adalah :
1. Untuk melihat proses belajar mengajar Pendidikan IPS
di SD kelas rendah
2. Untuk mengetahui metode dan model apa yang digunakan
guru dalam pembelajaran Pendidikan IPS di SD kelas rendah
3. Untuk melihat sekaligus mengetahui media apa saja
yang digunakan dalam proses pembelajaran, serta
4. Mengetahui materi Pendidikan IPS yang di ajarkan di
SD kelas rendah
BAB
II
HASIL OBSERVASI
A.
Profil Sekolah
1.
Nama Sekolah : SD Negeri Karang Tumaritis
2.
NPSN : 20605971
3.
Alamat : Jl. Bhayangkara No.120
4.
Kode Pos : 42121
5.
Desa/Kelurahan : Sumur Pecung
6.
Kecamatan/Kota : Serang
7.
Kab.Kota : Kota Serang
8.
Propinsi : Banten
9.
Status Sekolah : Negeri
10. Kepala Sekolah :
Dra.Edah Zubaedah
B.
Penggunaan Media
Observasi yang dilakukan adalah
pada kelas 3A, pada pembelajaran IPS di kelas 3A ini sangat kurang dalam penggunaan
media, guru hanya menggunakan media dari buku LKS yang dimiliki oleh
masing-masing siswa saja. Lebih dari itu guru hanya memberikan contoh yang
real/nyata pada siswa dengan hanya menyampaikan saja tanpa memberikan contoh
gambar dan sebagainya. Contoh : Pada saat dikelas guru sedang menerangkan
tentang “ Kerja sama di lingkungan ” Guru hanya menerangkan maeri,
menulis, lalu siswa hanya ditanya saja
seputar kerja sama yang pernah dilakukan dirumahnya dan melihat gambar yang ada
pada LKS saja, sedangkan didalam kelas banyak media yang bisa digunakan untuk
bahan mengajar seperti sapu,penghapus papan tulis,dsb. yang bisa digunakan oleh
siswa untuk mencontohkan secara langsung apa itu kerja sama.
C.
Materi
Materi yang disampaikan tentang “
Kerja Sama di Lingkungan ”, pada materi ini siswa di perintahkan menulis dan
membaca oleh guru tentang materi Kerja sama di lingkungan yang ada pada buku
LKS nya, Materi ini berisi di dalam nya sebagai berikut :
1.
Arti dan Manfaat
Kerja Sama
-
Manfaat kerja
sama bagi diri sendiri dan orang lain
2.
Kerja Sama di
Rumah
-
Kerja bakti
membersihkan rumah
-
Membantu Adik
belajar
3.
Kerja Sama di
Sekolah
-
Upacara Bendera
-
Belajar Kelompok
-
Kerja Bakti di
Lingkungan Sekolah
4.
Kerja Sama di
Lingkungan Masyarakat
-
*materi terlampir
|
-
Kegiatan Ronda
D. RPP ( terlampir )
E. Model Pembelajaran
F. Evaluasi
Evaluasi yang digunakan guru dalam
pembelajaran IPS ini dengan memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan, siswa
yang mengerjakan tugas langsung diberi nilai oleh guru/di paraf, agar guru bisa
mengetahui siswa yang mengerjakan tugas dan tidak. Serta guru mengingatkan
kembali materi yang disampaikan sebelum pulang.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Hasil dari observasi
yang dilakukan, kami menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS pada tingkat SD
memiliki materi yang masih sangat dasar yang berhubungan dengan apa yang
terjadi di lingkungan sekitarnya.
B.
Saran
Pada
pembelajaran IPS di kelas rendah sebaiknya lebih kaya media dan lebih banyak
menggunakan media sehingga siswa dapat mengetahui dan mempunyai
bayangan/gambaran apabila mereka melihat nya secara langsung karena materi yang
diajarkan pun sebetulnya yang pernah siswa lihat atu bahkan pernah merasakan
nya,serta dalam penyampaian materi untuk siswa kelas rendah sebaiknya tidak
menggunakan metode ceramah dan tidak memberikan tugas menulis yang berlebihan.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar