A.
Karakteristik Perkembangan Peserta Didik
Secara garis besarnya aspek-aspek perkembangan meliputi :
perkembangan fisik motorik dan otak, perkembangan kognitif, dan perkembangan
sosioemosional. Masing-masing aspek perkembangan dihubungkan dengan pendidikan
, sehingga para guru diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan atau
menggunakan strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik
perkembangan tersebut secara umum karakteristik perkembangan peserta didik
dibedakan seperti berikut :
v Karakteristik
Anak Usia Sekolah Dasar (SD)
Usia rata-rata anak Indonesia saat masuk sekolah adalah 6 tahun dan
selesai pada usia 12 tahun. Kalau mengacu pada pembagian tahapan perkembangan
anak, berarti anak usia sekolah beradea dalam dua masa perkembangan, yaitu masa
kanak-kanak tengah (6-9), dan masa kanak-kanak akhir (10-12).
Menurut Havighurst, tugas perkembangan anak usia sekolah dasar
meliputi :
a.
Menguasai
keterampilan fisik yang diperlukan dalam permainan dan aktivitas fisik.
b.
Membina
hidup sehat.
c.
Belajar
bergaul dan bekerja dalam kelompok.
d.
Belajar
menjalankan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin.
e.
Belajar
membaca, menulis dan berhitung agar mampu berpartisipasi dalam masyarakat.
f.
Memperoleh
sejumlah konsep yang diperlukan untuk berpikir efektif.
g.
Mengembangkan
kata hati, moral dan nilai-nilai.
h.
Mencapai
kemandirian pribadi.
Dalam upaya mencapai setiap tugas perkembangan tersebut, guru
dituntut untuk memberikan bantuan berupa :
a.
Menciptakan
lingkungan teman sebaya yang mengajarkan keterampilan fisik
b.
Melaksanakan
pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar, bergaul dan
bekerja dengan teman sebaya, sehingga kepribadian sosialnya berkembang
c.
Mengembangkan
kegiatan pembelajaran yang memberikan pengalaman yang konkret atau langsung
dalam membangun konsep
d.
Melaksanakan
pembelajaran yang dapat mengembangkan nilai-nilai, sehingga siswa mampu
menentukan pilihan yang stabil dan menjadi pegangan bagi dirinya.
v Karakteristik
Anak Usia Sekolah Menengah (SMP)
Terdapat sejumlah karakteristik yang menonjol pada anak usia SMP
ini, yaitu :
a.
Terjadinya
ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat badan
b.
Mulai
timbulnya ciri-ciri sekunder
c.
Kecenderungan
ambivalensi, antara keinginan menyendiri dengan keinginan, serta keinginan
untuk bebas dari dominasi dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orang tua
d.
Senang
membandingkan kaedah-kaedah, nilai-nilai etika atau norma dengan kenyataan yang
terjadi dalam kehidupan orang dewasa
e.
Mulai
mempertanyakan secara skeptik mengenai eksistensi dan sifat kemurahan dan
keadilan Tuhan
f.
Reaksi
dan ekspresi emosi masih labil
g.
Mulai
mengembangkan standar dan harapan terhadap perilaku diri sendiri yang sesuai
dengan dunia sosial
h.
Kecenderungan
minat dan pilahan karir relatif sudah lebih jelas
Adanya karakteristik anak usia sekolah menengah yang demikian, maka
guru diharapkan untuk :
a.
Menerapkan
model pembelajaran yang memisahkan siswa pria dan wanita ketika membahas
topik-topik yang berkenaan dengan anatomi dan fisiologi
b.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untukmenyalurkan hobi dan minatnya melalui
kegiatan-kegiatan yang positif
c.
Menerapkan
pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual atau kelompok
kecil
d.
Meningkat
kerja sama dengan orang tua dan masyarakat untuk mengembangkan potensi siswa
e.
Tampil
menjadi teladan yang baik bagi siswa
f.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk belajar bertanggungjawab
v Karakteristik
Anak Usia Remaja (SMP/SMA)
Masa remaja (12-21 tahun) merupakan masa peralihan antara masa
kehidupan anak-anak dan masa kehidupan orang dewasa. Masa remaja sering dikenal
dengan masa pencarian jati diri (ego identity). Masa remaja ditandai dengan
sejumlah karakteristik penting, yaitu :
a.
Mencapai
hubungan yang matang dengan teman sebaya
b.
Dapat
menerima dan belajar peran sosial sebagai pria atau wanita dewasa yang
dijunjung tinggi oleh masyarakat
c.
Menerima
keadaan fisik dan mampu menggunakannya secara efektif
d.
Mencapai
kemandirian emosional dan orang tua dan orang dewasa lainnya
e.
Memilioh
dan mempersiapkan karir dimasa depan sesuai dengan minat dan kemampuannya
f.
Mengembangkan
sikap positif terhadap pernikahan, hidup berkeluarga dan memiliki anak
g.
Mengembangkan
keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara
h.
Mencapai
tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial
i.
Memperoleh
seperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman dalam bertingkah laku
j.
Mengembangkan
wawasan keagamaan dan meningkatkan religiusitas
Berbagai karakteristik perkembangan masa remaja tersebut, menuntut
adanya pelayanan pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat
dilakukan guru, diantaranya :
a.
Memberikan
pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan reproduksi, bahaya penyimpangan
seksual dan penyalahgunaan narkotika
b.
Membantu
siswa mengembangkan sikap apresiatif terhadap postur tubuh atau kondisi dirinya
c.
Menyediakan
fasilitas yang memungkinkan siswa mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan
minat dan bakatnya seperti sarana olahraga, kesenian, dan sebagainya
d.
Memberikan
pelatihan untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dan mengambil
keputusan
e.
Melatih
siswa mengembangkan resiliensi, kemampuan bertahan dalam kondisi sulit dan
penuh godaan
f.
Menerapkan
model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berpikir kritis, reglektif,
dan positif
g.
Membangun
siswa mengembangkan etos kerja yang tinggi dan sikap wiraswasta
h.
Memupuk
semangat keberagaman siswa melalui pembelajaran agama teruka dan lebih toleran
i.
Menjalin
hubungan yang harmonis dengan siswa, dan bersedia mendengarkan segala keluhan
dan problem yang dihadapinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar